hening...

Tiup lilinnya… | June 10, 2008

Di hari ini 22 tahun yang lalu gw keluar dari rahim ibu gw dan menginjakan kaki di muka bumi ini.

Hari ini pun dimulai. gw lagi nonton pertandingan euro 2008 antara prancis lawan rumania. SMS ucapan selamat pertama kemudian masuk dari rika. Ah pertandingan yang membosankan. Lanjut ke pertandingan ke itali lawan belanda dan gw pun sukses tertidur (ah.. padahal katanya pertandingannya seru). Jam 5-an beker gw bunyi. “Laporan ke atas” bentar trus gw mandi pagi. YA benar mandi pagi. Jam 5.20 aja gw mandi pagi dengan air dingin dengan niat mo ngejar Parahyangan ke jakarta jam 6.30. Apa daya akibat sakit-perut-masuk-angin-gara2-ga-pake-selimut gw baru kluar kamar mandi jam 6 kurang 10. Badan si udah seger banget tapi perut masih masuk angin. takut maksain ntar d kreta bisa berabe, gw memutuskan untuk tidur lagi dengan angin masih berada d perut. Bangun lagi setengah delapan.
kamar orange kosan
Ba-bi-bu bentar jam delapan gw kluar dari kosan.
Destinasi pertama Nasi Kuning SSC. beli bekel sarapan buat di kereta. “Pake apa ajah?”. “Daging giling, perkedel dua ama mie bu”. Sip. Makanan udah di bungkus langsung cabut ke stasiun naek CSS (Caringin – Sadang Serang). Nyampe stasiun gw langsung bli tiket parahyangan 8.45 ke jakarta.
naek bisnis ajah
Kreta udah siap di jalur lima. Sengaja naek dari gerbong paling belakang trus nyusurin gerbong demi gerbong sampe gerbong paling depan, tepatnya di belakang loko. Cari kursi yang pewe trus dengan serakahnya kursi depan gw balik. ahahaha… Ngga lama mulailah gw buka bekel gw.
makan nasi kuning di kereta
Gerbong paling depan emang sering sepi jadi ya gw bisa tidur2an dengan gaya bebas. tapi ngga lama kemudian kreta berhenti di stasiun kecil. Oh sepertinya yang naik ini para pekerja pembuat rel ganda yang baru selese. okeh tnyata kreta aga’ penuh jadi gw harus merelakan tempat duduk depan. tapi ga pa pa kursi sebelah juga tetep masi kosong. Gw pun tidur lagi. bangun2 udah di sekitar daerah bekasi. ehmmm.. turun jatinegara ato gambir ya… kalo jatinegara gw berarti gw harus pulang ke rumah dan mendapati rumah masih kosong karena ade gw les, kk gw ma bokap nyokap lagi kerja trus ntar sorenya gw mesti cabut lg buat ktemu mreka buat makan malem di luar. Tanggung ah, gw turun d gambir aja terus gw begajulan aja dulu trus langsung ke kantor bokap sorenya. Okeh nyampe gambir jam 12-an siang, gw pun mutusin untuk pergi ke seaworld. Emang lagi pengen ngeliat alam, cuma karena sulit mendapatkannya di jakarta ya sudahlah kita ke seaworld sajah. Pergilah gw ke halte busway gambir2. Naek busway bus transjakarta ke arah pulogadung; transit di halte senen trus gw pindah ke busway arah ke ancol. Lucky me.. bus transjakarta yang gw naikin ke ancol ternyata sebuah bus-gandeng-yang-masih-sangat-baru dan hanya berisikan sedikit penumpang. keren… sampe2 pas di halte ancol ada beberapa mba2 yang gw liat sedang berpose di atas sambungan bus-gandeng tersebut untuk mengabadikannya dalam sebuah foto. ahahaha… okeh juga.. Dengan sedikit teknik sotosop bisa lah mreka ngaku2 kalo lagi berada di luar negeri sana yang konon katanya sistem transportasinya sudah maju.😀
Nyampe ancol langsung aja gw beli tiket masuk.

Bingung mo ke seaworld naek apa gw tanya bapak2 satpam yang jaga. “Kalo mo ke seaworld jalan jauh ga pak?” “udah naek ojek aja de’ goceng ato ga nunggu mobil keliling aja.” Baiklah panggil ojek. Si abang ojek pun gw panggil. “Goceng seaworld ya?”. “Ga bisa de, ceban ga bisa kurang.”
“Ya udah deh bang.”
*Ngeloyor pergi* Lagi males melakukan transaksi tawar menawar gw. lagi pula toh masih ada mobil keliling yang muterin ancol, gratis pula. gw ke sini kan emang mau killing time ampe sore. menunggu sebentar, tidak apa2lah. trus gw nunggu di depan kios rokok sambil ngelapin keringet2 jagung di muka gw gara2 panasnya udara jakarta yang mo ujan. mobil keliling tnyata ga brenti di tempat gw nunggu! jadilah gw harus melakukan sprint sekitar 50 meter buat ngejar.
Pas gw di atas mobil gw berbarengan ama satu keluarga kb. (Bapak, ibu, plus dua anaknya). Wah.. seru juga ngeliat itu bapak nge-shoot keluarganya dengan handycam, apalagi pas tu bapak nyuruh anaknya berpose di tempat duduk mobil-keliling-tidak-berpintu-ini. Mobil keliling ini jalannya selow abis, tapi lumayan lah angin2 pantai emang masih kerasa berhembus.. sambil sedikit chit-chat dengan bapak pengemudi gw ngeliat ada dufan, pelabuhan marina, pantai ancol, kolam renang, gelanggang samudra, sampe akhirnya gw nyampe di Seaworld.
Beli tiket trus tangan gw dicap. Masuk lah gw ke dalam seaworld.

Di dalem ada beberapa aquarium. Dari mulai dugong, hiu, piranha, ikan naga, buaya putih dan ikan2 lainnya yang gw sudah lupa. ada boothnya departemen Perikanan dan kelautan juga yang nampilin ikan-yang-sudah-di-air-keraskan. Hmm damainya ngeliat itu ikan pada berenang – renang. Apalagi pas gw masuk terowongan-bawah-aquarium yang punya lantai-berjalan, gw ngeliat ikan2 itu pada berenang bebas. *Tapi kita ga tau juga si apa tu pada ikan pada bosen ga ya; berada di dalem akuarium yang katanya ga pernah dikuras cuma air nya aja yang di filter dari laut jakarta sebanyak 8 kali penyaringan*.

Secara umum gw memiliki pendapat bahwa seaworld ini masih terawat dengan baik. Masih bersih, petugasnya juga ramah2, ga banyak berubah sejak gw kecil. paling bedanya cuma kolam,dimana kita bisa pegang binatang laut itu, sudah sangat sempit. dulu seinget gw kura2nya masih pada kecil sekarang udah segede bagong2. oh iya bintang lautnya juga udah ga ada. mungkin udah pada mati gara2 sering diangkat angkat ama orang kali ya. *waktu kecil pas kesini soalnya gw juga ngangkat2 ntu bintang laut :D*. trus sekarang ngerasa juga kalo seaworld itu cukup kecil mungkin karena dulu pas gw masih kecil gw bisa lari2 kesana kemari sedangkan sekarang ya ga mungkin lah ya…

Saatnya isoma. dengan cap ikan yang ditempelin pas masuk kita emang bisa keluar masuk seaworld dengan bebas. sekarang udah ada foodcourtnya pula di area seaworld. pilihan gw jatuh pada popeyes. pesen paket sajalah.paket nasi + 2 ayam + orange juice
Makan dengan tenang. foodcourt emang cukup sepi. cuma ada beberapa keluarga saja. termasuk satu keluarga bule di belakang gw yang baru aja foto bareng sama manekin si popeye. slese makan ya gw kembali ke dalem seaworld. di dalem baru diumumin kalo jam setengah empat akan ada pemberian makan di akuarium utama dan pemberian makan buat piranha. masih ada sejam lagi buat nunggu acara itu. jalan2 ngeliat akuarium utama dari atas trus gw nunggu di auditorium sambil nonton film dokumenter. Acara- pemberian-makan-terakhir-untuk-hari-ini dimulai.tampak dua orang penyelam ngasih makan begitu banyak ikannya yang ngerubutin. oh iya ada si penyu yang dikasih nama Mike Tyson gara2 “makan” kuping penyelamnya. “Tapi penyelam yang kupingnya di gigit ga marah, soalnya dia tahu kalo penyunya itu matanya rabun”, cerita sang pembawa acara.
*uuu…. So swiitt*

Emang cerdas ni yang bawain acaranya. mreka ngebuat anak2 untuk mencoba menjadi bijak menyikapi hidup. Pembagian makanan dilakukan selama 15 menit. Penyelam kemudian memberi isyarat udahan dengan jari jempol sama telunjuk membentuk huruf O, para penyelam pun pergi meninggalkan panggung utama. Ga lama setelah itu ada pertunjukan makan ikan piranha.

ga se-ngeri yang gw bayangin si. gw kira makanan yang dikasih tu gede dan si ikan2 pada makan secara brutal. ga tau nya makanannya cukup kecil. si piranha – piranha pun ga kelewat hyperaktif menurut gw. ya mungkin karena mereka udah ga terlalu liar lagi kali ya. Cukup lah gw menghabiskan waktu di ancol. saatnya menuju ke kantor bokap dengan kembali make bus transjakarta.