hening...

SDSB

February 18, 2010
Leave a Comment

Sebenernya ini bahan dari topik kemaren, cuma baru sempet ditulis. Jadi kemaren ngomongin masalah finance, jadi ga jauh2 dari masalah pendapatan, belanja,. Ada tiga jenis : balance budget, surplus, dan defisit. Kalo balance si ngga apa apa, syukur2 surplus. Nah yang jadi masalah kalo defisit, berarti kan kekurangannya harus ditalangin atau bahasa kerennya; dibiayain. Dan kurangnya pembiayaan itu kan (kalo dalam scope negara) identik dengan hutang atau jual aset. Sebenernya ada ga si sumber sumber pendapatan alternatif selain dari yang standard (pajak, cukai, retribusi, dsb)?
kalo jawaban nakal2an sebenernya : ADA. Narasumber, yang mana merupakan salah satu dosen ptn ternama, mengatakan sebenrnya state lottery bisa dijadiin sumber alternatif pendapatan. CERDAS! Gw aja ga kepikiran. Ternyata di AS sana itu udah dilakuin di beberapa negara bagian dan juga udah diatur penggunaanya oleh UU. 40% buat pemenang, 40% dikembaliin ke rakyat, 20% buat pengelola. Terlepas dari halal haram lotere, gw pikir2, gw setuju aja dengan hal itu. Toh itu prinsipnya dari rakyat untuk rakyat. Yang penting niat awalnya, gw nyumbang buat negara, syukur2 gw dapet bonus, dapet lotere 😛
Hmm, mungkin ini sama kaya kita punya SDSB jaman dulu kali ya. Hehehe….
p.s : sebenernya deficit budget itu juga ada bagusnya kok, memacu produktivitas! Oiya, berhutang juga sebenernya wajar kok, dan saya juga setuju privatisasi selama masih dikuasai lokal :p. Dua topik ini disambung lain waktu ah…

Advertisements

Posted in Finance

Telor busuk

February 9, 2010
Leave a Comment

Berkaca pada kejadian tadi pagi, yang mana mobil bokap ditabrak secara sepihak oleh pihak geblek, gw berencana jika suatu saat nanti gw mempunyai mobil sendiri, gw akan mempersenjatai mobil gw dengan telor busuk.
Buat jaga2 aja, kalo aja ada orang geblek dengan sengaja ataupun tidak sengaja menabrak mobil gw, dan dengan angkuhnya pergi ataupun tidak mempunyai itikad baik untuk berbicara, maka gw akan melempar telor tersebut dengan sasaran, minimal mengenai kaca dari mobil geblek tersebut.
ah andai saja gw berada di mobil tadi pagi, mungkin gw akan buka kaca dan teriak : ‘woi!!!’ dan mungkin disusul dengan : ‘bangsaatt….’
ah sudahlah.. Cukup lah hari ini berandai andai.
sekian dan terima kasih


Posted in Uncategorized

February 8, 2010
Leave a Comment

cc timur itb fair.

gw lagi duduk termenung sambil ngeliat anak hmif (baca: hello world) manggung. Gw rindu masa2 itu. Masa kuliah, hidup kayanya berjalan damai, like you can do whatever you want. Banyak liat ‘mainan’ hasil penemuan2 yang bisa mengatasi rasa keingintauan lo.seperti bisa menikmati hidup seutuh utuhnya…
tapi sekarang, gw dah ngeliat what so called ‘kenyataan dunia’
haah, blom lagi sekarang gw berada di bawah suatu institusi, ya sudah sepatutnya gw pake topeng institusi tersebut. Kalo gw pindah ke institusi lain, ya gw ‘harus’ pake institusi lain itu.

being old is certain , but being an adult is uncertain. A choose from many options, yes, and choosing is a one damn hard process…

seperti biasa, saya yang berada dalam kebingungan menuju proses kedewasaan.
7 february 2010.


Posted in Uncategorized