hening...

Bumbu rahasia | July 5, 2010

Dua malam terakhir ini gw mendapat pelajaran bahwasanya setiap masakan spesial itu punya bumbu rahasia yang bikin rasanya enyak2…. Sebenernya juga bukan rahasia banget si.. wong bumbunya bisa di dapetin secara bebas bukan pake mantra ato apa.

Berdasarkan pengamatan asal2an gw, kwetiaw jogja food yg gw pesen dua malem yang lalu punya bumbu rahasia bawang putih. Tehnik nya ialah kwetiaw goreng dimasak pake bumbu biasa dengan  cara yang biasa juga cumaa….. pas terakhir mau disajiin, sang koki memasukan satu siung bawah putih yang telah dikeprok (cant find another word instead of keprok T_T) / dimemarkan. Diauduk sekali dua kali, lantas : Voila! Kwetiaw goreng dengan bau bawang putih yang khas siap untuk disantap.

Kalo tadi malem ceritanya lain lagi. Tadi malem gw pesen capcay goreng di sekitaran Jakal km 4,5 tapi gw lupa nama lapaknya. Aneh juga si capcay goreng tapi warnanya coklat, capcay kan biasanya warnanya putih butek ga jelas gitu. Ini jatohnya kaya  nasi gila si. Yang buat spesial ialah harganya, masak sepuluh ribu per porsi! di teknik penyajiannya. Capcay yang baru mateng langsung disajikan di atas daun pisang. Hmm.. bau daun pisangnya keluar. Selain itu efek kompor areng keknya juga nambah cita rasa spesialnya. Bau masakan yang dimasak pake areng emang khas. Jadi inget juga nasi goreng solo di balubur yang dimasak pake areng juga.

Sepertinya gw harus lebih rajin mencari tempat2 yang punya bumbu rahasia kaya gini deh.

Maju terus cita rasa!


Posted in senyum hari ini

3 Comments »

  1. ngapa kaga coba buat di rumah aja sendiri ditz? =) Setiap kita coba masak sendiri, ada sensasinya pas udah jadi. Kalo dimasakin mulu siy, ga bakal tau sensasi ‘itu’…

    saran terbaik gw: coba buat ndiri =) (maap lagi bawel dan sedikit berputar-putar)

    Comment by Utie — November 13, 2010 @ 9:35 pm

    • Bisa hujan berkelir kalo gw mencoba masak2 di rumah tie.😛 Yang sekarang gw jagoin dulu teorinya, ntar kalo gw dah punya dapur sendiri dan partner yang tepat, bakal gw coba tie. hahaha….

      Comment by aditz86 — November 14, 2010 @ 12:02 am

  2. huahahaha… sipsip… teori dulu baru praktek. Sayang padahal yah… masak ga butuh teori(soktau.com) yang penting nekat-nekat-nekat
    dan tekad =D

    tapi nyokap juga awal-awal geram kalo gw masak… yah, namanya juga wanita jadi-jadian masak, dapur berantakan booo… =)

    Comment by Utie — November 14, 2010 @ 8:27 pm


Leave a Reply

