hening...

bermain! | January 24, 2011

Disclaimer : Artikel ini berbau agama. Mohon jangan dibaca bagi orang yang berpikiran sempit.🙂

Tadi siang gw tiba2 keinget artikel di koran kompas yang bilang bahwa manusia pada dasarnya adalah ‘mahluk bermain’. Nah iseng2 lah gw ubek2 internet sampe pada salah satu artikel kompasiana.

Homo ludens.

Istilah ini dipopulerin oleh prof Huizinga dari bukunya Homo Ludens; a Study of Play Element in Culture. Manusia pada dasarnya sebagai ‘mahluk bermain’. Yay, bermain!

Nah yang seru itu pas gw baca lebi lanjut artikel kompasiana itu. Di Al Quran ternyata di singgung juga masalah ini (menurut artikel itu). Monggo dibuka  : Al An’am:32,70; Al A’raf:51, Al ‘Ankabut:64; Muhammad:36. Untuk lebih yakinnya, silahkan buka Al Quran beserta terjemahan masing2 deh.

Err.. gw si ngga ada kapabilitas untuk jadi ahli tafsir. Tapi dari yang gw tangkep ialah kehidupan dunia ini  adalah permainan dan senda gurau.Tapi jangan sekali kali menjadikan agama sebagai permainan dan senda gurau.

Permainan itu butuh taktik jo.., ada aturannya, ga boleh curang, dan yang paling penting ialah unsur fun nya, bikin kita happy. Opcros lah… memainkan permainan itu harus serius, ga boleh main main.

Gw ga tau asli bahasa Al Quran nya apa itu jadi senda gurau. Tapi mungkin yang bisa gw tangkep ialah bercanda dikit ga apa apa lah bukankah senyum itu ibadah 🙂 tapi ya jangan sampe bercandanya ‘ih-parah-banget- lo-becandanya…’

Cukup sudah ‘pencarian’ hari ini moga2 saya tidak sesat dan tunjukan jalan-Mu ya Allah.

Yak keisengan ini berhasil membuat saya membuka lagi Al Quran yang udah lama ga dibuka itu, moga2 berhasil juga mempengaruhi kalian. Ehehehe…

Muhammad : 36
Sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda gurau. Jika kamu beriman serta bertakwa, Allah akan memberikan pahala kepadamu dan Dia tidak akan meminta hartamu.


Posted in life, serious thing

3 Comments »

  1. setujuh dit sama artikel lo =)

    Comment by Utie — January 31, 2011 @ 9:46 am

    • Jangan setuju2 aja… diliat dulu.. mana tau gw salah jalan. hehe..

      Comment by aditz86 — January 31, 2011 @ 3:20 pm

  2. kaga dit, beneran ini ngemengnya. Artikel lo itu bener. Lebih ke arah hm… kita sebisa mungkin selalu ‘bermain’ di kehidupan kita. Selalu berusaha santai dan ceria. Tapi ada saatnya kita serius dan memegang prinsip kita, terutama dalam hal agama. Itu mutlak. Itu adalah sesuatu yang ajeg(bahasa farmasinya), sesuatu yang tak bisa digapai akal kita tapi bisa diresapi dengan hati dan iman kita. Itu aja siy tanggepan sotoy gw di pagi hari.

    Soal becanda, nyang penting pleksible dan selalu bisa liat-liat kalo mo becanda. jangan ampe bikin orang bete dengan candaan kita. kaya gw jaman dulu nooh! ke teguh… wakakakakak!!

    Comment by Utie — February 1, 2011 @ 10:19 am


Leave a Reply

