hening...

ketika sekoci dan jaket penyelamat cuma jadi pajangan | July 7, 2008

sabtu kmaren gw naik kapal feri (ferry?) dari merak ke bakauheni dan minggunya gw balik lagi dari bakauheni ke merak. anjinglah… prihatin banget gw.
keselamatan kayanya udah bener2 ga penting deh. mungkin terminologi kapal feri udah berubah, kapal feri is kapal barang. ya.. ga penting lah brapa jumlah orang yang naek di kapal itu. jangan lo minta manifest siapa aja orang yang naek kapal, diitung jumlah orang yang naek aja ga diitung.
kmaren pas gw masuk gerbang pelabuhan merak, gw kirain bakal diperlakuin kaya di ancol, bayar sesuai jumlah penumpang yang ada di dalem mobil, ternyata ngga; bayar 1 mobil aja udah cukup (sip deh jadi lebi murah..), jadi ga penting di dalem mobil itu cuma ada sopir doang ato banyak penumpangnya. oh mungkin ntar jumlah orang yang mo naek kapal diitung pas mobil masuk ke kapal. pas mobil gw ngantri mo masuk kapal, tnyata kapal uda penuh. akhirnya ada petugas yang nyuruh muter.
“udah pak, yang mo buru-buru puter balik aja. Masuk ke kapal sebelah..”
Hmmm.. dari sini aja ud keliatan selama kapal masi muat, masukin aja udah. dah, gw muter balik pindah ke dermaga sebelah. yak, pas mobil mo masuk kapal ada petugas yang minta tiket yang gw beli di gerbang tadi, lagi2 ga ditanya berapa jumlah orang yang ada di dalem mobil gw. berarti sah udah. ga ada yang tau brapa jumlah pasti orang yang naek kapal. di atas kapal jangan harap lah lo bertemu petugas yang bakal minta perhatian lo sejenak trus ngasi tau-in dimana letak sekoci atau jaket penyelamat kaya yang dilakuin oleh para pramugari penerbangan komersial standar.
ohya pas gw balik dari bakauheni ada cerita konyol seputan keselamtan ini.
Pas kapal udah bergerak dan semua orang uda “duduk” dengan teratur tiba2 ada orang yang teriak :
“Mohon perhatiannya sebentar.”
pas denger suara itu gw sempet mikir; oh ini kayanya petugas yang bakal ngasi briefing sebentar. pas gw liat gayanya. hati gw langsung bilang jangan banyak berharap dit.
bener aja. abis itu dia ngomong
“kami dari mitra kapal motor !@#$% akan menawarkan cinderamata.”
see.. dia cuma pedagang aja gituh. pas ud slese promosi ada bapak2 yang nanya dia.
“kamu kan mitra kapal !@#$%^& pertama kali ya mbo’ kasi tau jalur evakuasi sama pelampung ada dimana”
spontan aja gw ktawa dalam hati, serius banget ni bapak nanyanya, ga liat apa dia mo buka lapak. tapi tetep aja gw salute sama bapak itu karena masi concern ma keselamatan.
yang gw bikin ngakak ya jawaban si abang pedagang itu.
“yak trima kasih sudah diingatkan pak. ya.. ini kotak di belakang saya bukan kotak sihir atau kotak apa tapi kotak ini berisi seribu jaket pelampung. amit2 kalo sampe terjai hal – hal yang tidak diinginkan.”
Bener kata abang itu, berharap aja lu pada ga terjadi apa pas lo lagi naek kapal

di kedua perjalanan naek feri itu gw sempet inspeksi kapal. gw emang nemuin adanya beberapa kapal sekoci tapi gw ga yakin apa itu bisa di naekin ato ngga. gw juga sempet nemuin “kotak2 sihir” yang katanya berisi life-jacket tapi gw juga sangsi apa di dalem box itu ada isinya, ato masih adakah yang tersisa buat gw.

sampe pada akhirnya gw mikir : kalo sampe (amit2) ni kapal kenapa2… jangan lupa buka baju sampe tinggal kolor doang, berenang sejauh mungkin dari pusat kapal yang akan tenggelam, bersiap water-trappen sampe berharap di temuin tim SAR yang mungkin ga tau keberadaan lo di kapal itu. fiuh…

belajar lah berenang sekarang juga!!


Leave a Comment »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: